Pantai Papuma

Pantai Papuma, satu lagi pantai yang populer dan tak kalah indahnya di kawasan Jember. Tepat berada di pesisir selatan Jawa Timur, atau lebih tepatnya terletak di desa Lojejer, kecamatan Wuluhan, 45 Km arah selatan kota Jember, pantai Papuma menawarkan nuansa yang sangat indah untuk dikunjungi. Di sepanjang pantai Papuma terdapat pasir putih yang bersih dan indah, dan memungkinkan para wisatawan asing yang datang untuk berjemur di pantai tersebut. Disamping keindahan alamnya, pantai ini juga kaya akan fauna seperti Biawak, Ayam Alas, burung-burung dengan ragam jenisnya, Babi Hutan, Rusa, Landak dan Trenggiling.

Di pantai ini disediakan beberapa sarana pendukung bagi mereka yang ingin menikmati suasan Papuma lebih lama, seperti penginapan dan bumi perkemahan. Saat matahari terbenam, suasana di pantai Papuma akan semakin indah untuk dinikmati. Senja yang temaram dan desir laut yang semakin bergemuruh menimbulkan suasan dramatis yang enggan untuk ditinggalkan. Papuma sendiri merupakan sebuah singkatan dari pantai pasir putih malikan. Saat berada di pantai papuma, para wisatawan akan dimanjakan dengan panorama pantai yang berwarna biru kehijauan dan juga hamparan pasir putih juga pulau-pulau kecil disekitarnya. Di pantai ini juga terdapat kawasan hutan hijau yang semakin membuat pantai papuma semakin menakjubkan dan wajib dikunjungi para wisatawan yang pergi ke jawa timur.

Di pantai ini para wisatawan dapat berenang di pantai karena ombak di pantai ini tidaklah terlalu besar sehingga aman bagi para pengunjung. Selain itu pasirnya yang putih dan bersih dapat para wisatawan gunakan untuk berjemur dibawah teriknya matahari. Selain pemandangan lautnya yang sangat menakjubkan, di pantai papuma juga terdapat beberapa tempat menarik lainnya yang dapat para wisatawan kunjungi. Siti hinggil merupakan salah satu daratan tinggi yang ada di pantai papuma dengan ketinggian sekitar kurang lebih 100 meter diatas permukaan laut. Dari atas tempat ini para pengunjung dapat menikmati pemandangan laut papuma dengan lebih luas dan merupakan tempat yang cocok untuk menikmati pemandangan sunset di pantai papuma.

Di sekitar pantai papuk juga terdapat sebuah gua yang sering dikunjungi oleh para wisatawan, gua tersebut adalah goa lawa yang memiliki kedalamam sekitar 30 meter. Para wisatawan hanya dapat memasuki goa ini apabila air laut sedang surut karena apabila air laut sedang pasang, jalan menuju goa tersebut tidak dapat dilalui. Menurut mitos yang berkembang di masyarakat, gua tersebut dipercaya sebagai tempat bersemayamnya putri penguasa laut selatan, selain itu tempat itu juga dipercaya sebagai tempat bertapanya kyai mataram. Saat air laut surut, para wisatan dapat menjumpai bnyak udang yang terdampar di tepi pantai. Disekitar pantai juga terdapat karang kecil yang berwarna-warni dan apabila beruntung, para wisatawan dapat menemukan lobster atu biota laut lainnya yang berada di sela-sela karang.demikian informasi mengenai Keindahan Alam Pantai Papuma, Jember Jawa Timur semoga bermanfaat untuk anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s